Dalam beberapa minggu terakhir saya banyak nanya sana-sini soal caesar… dan ini kira-kira summary tips dari temen-temen. (Thanks Vebie, Susan, Elok, Wenta, Irma dan banyak lagi yang mungkin kelupaan disebut namanya) Moga-moga berguna ya. Kalo ga yakin, monggo diconfirm ke dokter obsgyn ato orang yang lebih berwenang… 🙂
1. Setelah operasi selalu pake alas kaki sama celana piyama, karena badan gampang dingin
2. Jangan keluar malem dulu, kalo perlu ke dokter, pake baju yg anget
3. Kalo ga tahan harus keramas (usahain ditahan selama mungkin), kepalanya dangak, jangan nunduk, pake air anget, kalo ga ntar gampang pusing.
4. Mandi juga pake air anget, seengganya 40 hari pertama abis operasi
5. Jangan angkat berat-berat dulu (maximum banget bolehnya tu barang seberat baby deh…)
6. Jangan naek ke loteng dulu dalam 40 hari pertama (tapi kata Wenta si cuek aja, dia juga naek-naek ke atas hehe)
7. Siapin obat Cina Phien Cze Hwang buat mempercepat pengeringan luka (kata Irma sih ini akan efek ke babynya juga, cepet puput tali pusarnya) emang ada yang bilang bisa ngeringin ASI, tapi kata Wenta ga ngefek (kesimpulannya? Terserah Anda…)
8. Makan ayam arak (buat yang non Muslim) juga boleh (Denger-denger katanya bisa bikin perdarahan karena panas buat badan, tapi saya konfirm ke obsgyn saya, Dr Bhimantoro di RS Pondok Indah, katanya ga papa)
9. Kata dokter obsgyn lagi, kalo bisa 40 hari pertama ga usah makan-makan obat apapun dulu (bertentangan ama poin 7 sih… tapi lagi-lagi terserah Anda ^^) termasuk jamu-jamuan. Kalo mau pake krim strecth mark segala macem si terserah aja selama diolesin di luar. Hanya saja belum tentu efek karena kembali ke badan setiap mom (lagi-lagi kata dokter obsgyn saya)
Hmmm… so far baru itu yang keinget. Itu aja udah bikin Sugih geleng-geleng kepala. “Udah lah, dibawa santei aja!” gitu kata dia. Ya selama ada yang lebih tau, kenapa ga didenger… ya ga. Meski ya efeknya jadi bingung sendiri… mana neh yang boleh dan mana yang ngga? :))

One thought on “Tips untuk yang mau lahiran caesar

  1. kalo ga ada resikonya kayak pake alas kaki, mandi air anget, jangan angkat berat2, dll ya ikutin aja, ga ada salahnya… inget, yg ngerasain kan kita sendiri nantinya karena hubungannya sama fisik kita. setau gue sih kalo obat Cina ga ada efek samping ya, walau minumnya harus diselingi min. 4 jam dari obat dokter.
    yg penting sekarang menjelang detik2 terakhir gini, siapin mental aja. selebihnya bawa dalam doa. it’s very an amazing experience, that’s why I love sharing it…
    good luck, mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Aurelia, Our Precious Daughter

Thu Oct 18 , 2007
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Aurel lahir juga… rasanya aneh, ada makhluk kecil yang begitu tergantung ama […]