Scan-an ending komik Candy-candy

Berhubung ada beberapa orang yang penasaran ama endingnya Candy-candy (baik yang lupa maupun yang belum pernah baca komiknya –> untuk yang terakhir ini… asli bikin gue ngerasa udah uzur… hahaha… karena ternyata gue baca komik Candy-candy 15-16 taun yang lalu ya bo), gue jadi pingin bikin sedikit ulasan soal ending Candy-candy.
Basically, ending Candy-candy bisa dibilang hepi. Hanya saja buat gue tetep ga hepi, berhubung gue masih ngarep Candy jadian lagi ama Terry (meski di lubuk hati paling dalem si, gue masih berharap ada keajaiban, Anthony idup lagi kek, apa kek… yang harus diakui bakal bikin Candy-candy jadi super garing kalo bener endingnya ngikutin maunya gue itoeh ^^). Makanya, sebel banget pas baca di buku ke-9, Candy liat pementasan Terry yang down berat (patah hati ceritanya) di Rockstown, terus ga bener-bener ketemu, cuma ngeliat dari jauh dan pergi lagi sambil wish the best for him & Suzanna… booo, ditemuin aja nape? X(X(X(
Global story buku 9 (buku terakhir Candy-candy): Setelah kematian Stea, Neil yang jadi jatuh cinta ama Candy akhirnya maksa Nenek Elroy untuk mempertunangkan Candy & dirinya. Alih-alih ga ditolak, Neil udah pasang strategi: dia ngancem bakal nyusul jejak Stea jadi tentara sukarela kalo keinginannya ga dikabulin. Secara Nenek Elroy masih trauma ama kematian Stea di medan perang, dilakoninnya lah kemauan Neil itu, meski dia asli ga suka banget ama Candy (konsisten banget deh si nenek satu ini… dari buku 1 sampe 9, tetep aja benci setengah idup ama Candy –> gue ga yakin deh sinetron kita sanggup ngikutin konsistensi ini. Pasti akan ada adegan maaf-maafan yang… duh, bakalan ngga banget deh!)
Candy yang desperate akhirnya dibantu George (asisten Paman William) untuk bertemu Paman William di Lakewood, meminta pertunangan dibatalin. Alhasil, ketemulah Candy dengan Paman William untuk pertama kalinya… sejak dia diadopsi sebagai keluarga Audrey. Siapakah Paman William itu sebenarnya? SPOILER! Yup… dia adalah sosok Albert yang selama ini dikenal Candy!!! Gimana ga syok, gue aja sampe ngebolak-balik buku komiknya untuk mastiin ceritanya emang bener-bener kaya gitu. Ga nyangka buanget!!!
Dari situ, akhirnya jelas Albert alias Paman William ada di pihak Candy. Ternyata alasan bahwa pertunangan Neil-Candy merupakan permintaan Paman William itu hanya akal-akalan Nenek Elroy, supaya Candy nurut. Setelah semua kondisi tenang (alias Neil ditolak mentah-mentah di hari pesta pertunangan itu *puas banget deh gue*), Candy pun mutusin balik lagi ke Rumah Pony, panti asuhannya dulu, untuk mengabdikan diri jadi perawat di rumah sakit kecil deket situ sambil bantuin dua ibu asuhnya ngerawat anak-anak disana. Meski berat, Albert pun mengijinkannya –> nah ini yang gue bilang sedih lagi… kan jadinya Candy ama Albert pisahan lagi… hiks!
Ending yang bener-bener ending tuh, pas Candy pulang ke rumah Pony, ternyata semua udah ngumpul disana, bikin surprise buat dia. Ada Archie, Anny (yang ga pernah pulang ke rumah Pony sejak dia ga mau ngaku sebagai anak panti asuhan), Patty, bahkan Albert! Dan… ternyata, di saat terakhir Candy menyadari, bahwa Albert sekaligus adalah ‘pangeran’, cowo berpakaian Scotlandia yang duluuu banget, pas Candy umur 6 taun, ketemu dia di bukit Pony, dan yang ga sengaja menjatuhkan lencana Audrey yang jadi salah satu barang berharga Candy…
Nice, eh? Banyak yang bilang itu hepi ending… either Candy ‘jadi’ ama Albert ato gimana. Buat gue sih Albert is Albert… kayanya ga pas deh kalo Candy sampe jadian ama Albert. Balik lagi ama Terry donggg…!!! (teteuuuppp) Buat yang pingin liat detailnya, coba cek web Candy-candy gue aja ya. Gue akan coba upload beberapa scan page terakhirnya. Enjoy!

72 thoughts on “Ending Komik Candy-candy

  1. huhuhu…. jadi ingat masa lalu—–
    kalo ke toko buku, aku dan mba’ ku rebutan beli komik, karena jatah pembeliaan komik dibatasi, so kami pasti saling berebutan, aku inginnya spiderman, tapaksakti dan kunfuboy, mba ku iniginnya candy-candy, so pasti kami saling bertengkar—- rame jadinya, pake cakar-cakaran segala———–
    ah, stttttt—– sebenernya kalo mba’ ku pergi ke sekolah, sering juga aku baca komik candy-candy nya itu logh !!!
    ha..ha…..
    ah indahnya kenangan itu——-
    thanks udah buat candy-candy webnya, mba’ ku pasti senang—-
    salam kenal πŸ˜€ dari kampung

  2. Sumpah!! Thanks banget ya udah bikin web nya. Share juga dong dimana aq bisa dapetin komik nya lagi. Secara, di RCTI ending nya beda buanget ama di komik (BT!!)

  3. Dear Mba Monica , terima kasih untuk ringkasan cerita ending Candy-Candy nya
    Dulu aku juga baca, tapi secara udah lama bgt ( waktu SD baca-nya ) jadinya uda lupa lagi
    Dari kemaren ngeliat sinetron Candy di Tipi jadi penasaran, pengen tau endingnya
    setelah baca ringkasan Mba, jadi inget lagi
    Kebetulan, aku juga dulu fans-nya Terry juga^_^
    Tapi ga masalah seh klo dia ga jadi sama Terry, biar Terry-nya buat gue aja hahaha… Thanx again …
    Regards,
    Amel

  4. candy ama albert pada akhirnya?!
    yaa gpp, sedikit mengejutkan juga nggak…….
    lagian tipe orang yang suka menyembunyikan jati diri bagiku sedikit kereen……..
    ya nggak?!hehehe

  5. emg versi sinetron endingnya gimana? kalo ujung2nya ma alfa (albert) b’arti balik2nya kaya di komik juga dunk (meskipun di komik ga dijelasin candy beneran jadinya ma albert ato ga. kayaknya sengaja dibikin stengah “ngatung” biar orang penasaran terus en nebak2 endingnya berdasarkan imajinasi sendiri, wakakak..)
    btw pada stuju ga kalo misalnya (misalnya nih…) manga/anime-nya candy dilanjutin, trus pengennya kaya gimana?

  6. makasih bgt yach mbak monica, dah ngasih cerita endingx candy candy, abis umurq krg mencukupi utk bsa menikmati cerita candy-candy. waktu ditayangin di sinetron, q langsung suka. trus kta kakakq tu film jiplak manga n anime, truz kakakq blg dulu pernah pnya mangax, tpi pas q cari, q cuma nemuin seri 9, sdg 1-8x dah ilang ga tau jluntrungannya, klo leh minta saran, nyarix kemna yach!!! please.

  7. Yang pasti, kalo komiknya sih udah ga diterbitin lagi ama Elex Media Komputindo… palingan manga-scannya gitu Ozi, kalo mau ngoleksi… Ntar coba aku cari cara buat ngesharenya ya, kalo emang banyak yang berminat…

  8. aq suka bamget ma sinetronnya,so sekarang aq jadi penasaran ma komiknya yang pasti jauuuh lebih bagus&mengharukan lagi. dulu aq blom sempet baca karena waktu itu aq masih TK,

  9. kebetulan gw udah baca sampe akhir sih tapi lupa ma cerita endingnya, tapi sumpah ya ceritanya bagus banget.
    mau lagi donk denger cerita endingnya…
    kasih banget

  10. bete banget neh ma candy-candy di RCTI. Kebiasaan orang Indonesia kalo bikin sinetron pasti dipanjang-panjangin. Maksudnya apa sih. Malah bikin malez nontonnya. Secara komik asli candy candy jauh lebih bagus kemana-mana dibandingin ma sinetronnya. Jauh abis. Eh kalo bisa diterbitin ulang dong komik candy-candynya. Pasti banyak yang mau.

  11. yg jd terry di sinetron gak kerenn d…padahal gw inget kl di komik terry tu tipe gw banget…really really cool…a sweet rebel…kerennnn deh pokoknya….gw berharap candy candy dibikin movienya versi jepang, korea, or even hollywood…n dibikin serius biar jadi legenda kayak ‘Gone with the wind’…secara plot ceritanya kuat bgt gitu lhow…

  12. iya mbak… aku juga seneng banget ma manga ini… skrg lagi nyari koleksi DVDnya… ada saran buat nemuinnya? hiks… i love terry…. knapa sich love storynya candy tragis getu… huhuhu…., aku dukung klo mo dibuat movienya…

  13. Sebenernya kalau menurut aku, endingnya emang gak seru buanget kalau Candy gak ama Terry. Tapi, khan Albert pangerannya Candy. Jadi, ok2 ajalah (walaupun syeddiiihhh Candy gak ama Terry..teuteup).
    Aq se7 buanget kalo Candy2 di tuangkan dalam bentuk movie dan aq rasa yang nonton dah +/- 20 tahunan ke atas deh (secara sepupu ku gak tau komik candy2). Ada gak sih cara kita biar sampe ide kita2 ini ke penerbitnya di Jepang sana???

  14. well, ternyata bukan aku aja yang addicted ma candy2. hehehe … sampe sekarang dvd-nya masih aku ulang2, ga pernah bosen. cuma sayang, versi dvd aku blum nemu endingnya. susaaaahh banget nyarinya πŸ™

  15. Dear mb’ Monik
    huhuhuuuuu…hiks…hiks…hiksss…aq jadi inget jaman SD dl…
    aq gak pernah punya komik’na…cuma ngarep nonton film’na stiap hr Minggu, sebel’na kalo pas lagi k gereja trus klwtan bbrp episode.
    thanks ya bwat smua’na stlh bbrp lama mencari tnyata nemu jg….
    thanks ya mb’ Monik;))
    =ega=

  16. huuh!gw jd bete klu liat sinetronnya candy2x harusnya kan anthony nya jatuh dari kuda tapi koq di sinetronya malah jatuh dari spd motor koq jadi ga berkelas yaaaa…btw aq jd pingin liat anime nya candy2x yang bagian paling akhir2x aq liat dvd ny di pasar atom tapi stlh qtonton koq nyandet2 sampe bagian yang candynya ditolongin sm petani yg benci sm dokter huuh!ktnya mbaknya ada yang part 3 nya tp ga muncul2 berhubung dvd nya nyandet2 aq nanya ma tanteq yang pernah nonton animenya candy2 ktnya pada akhirnya candy kawinnya ma albert huaah bahagianya bagi yang py dvd nya candy2 plisssss pinjem dong!soalnya aq belon liat filmnya yang lengkap

  17. Iya neh, kalo ada yang tau info soal DVD Candy-candy yang komplit (bajakan juga ga papa deh, yang penting komplit plit), bagi-bagi infonya dong… aku juga nyari, cuma males aja kalo di tengah jalan ga tamat… ga beda ama koleksi VCD hasil hunting jaman baheula… (Soal Anthony jatoh dari motor… wakakak… yoaaa… mana jatohnya nyemplung ke sungai… ‘dohhhh… ya setidaknya kita mesti appreciate deh, daripada sinetronnya maksa pake adegan jatoh dari kuda, lebih ga masuk akal kan ^^)

  18. Ada yg bisa ubah endingnya gak ya…..
    Dari awal baca komiknya waktu SD dulu gw jg berharap therry akan balik sm candy.
    Naaaah…… smoga di versi DVDnya ini ada kek yg buat cerita extra… (Tp dicerita ini candy bakal married sm therry :p:p:p hehehe…)

  19. hai… monikatanu ( sorry kalo ini bukan nama kamu )
    aku juga setuju dengan lo, yang ending nya di buku candy masih “menggantung” gak ketauan jadian ma siapa.
    tapi coba buka di http://www.youtube.com deh, yang versi italian. si candy jadian ama terry lho….
    sesuai harapan lo….. =)
    aku aja sampe kaget. kok ada versi laen dari candy2.
    ceritanya tetep candy tau kalo albert itu uncle william juga pangeran di masa kecilnya. abis itu si annie kasi koran, yang isi nya aku juga nebak2 ( soalnya pake bahasa itali kalo gak salah ) si terry gak jadi ama suzanna. trus candy naek kereta api ke new york nemuin terry. en sesampai di sana, candy ama terry yang pelukan sambil bilang ke candy Te Amo ( kalo ini gue tau artinya i love u gitu dech….. ) trus fin alias tamat deh..
    dicari en di lihat yah…
    aku tunggu komen dari kamu..
    =)
    btw, salam kenal yahhhh….

  20. Hello….klo bagi aku, crita candy-candy akhirnya gantung…sebel… Aku juga ngarepin biar Candy balikan sama Terry, weell…Klo ngga sama Albert juga gpp sih, asal jgn muncul org baru aja deh…ntr kyk sinetron indonesia yg gak abis2 and slalu muncul karakter baru…tambah jayuz deh hihihi….

  21. GILAAAA…ada yg bahas candy2!!.tau ga sih lo, gw baca tuh buku dari jaman gw SD kelas 3 sampe terakhir adalah 3 bulan LALU!! gw baca yg nomer 9 klo di total bisa lebih dari 30 KALI!!..dna begonya dulu gw ga bisa nerima endingnya, karena klo sampe si CANDY emang sama ALBERT, masa mereka INCEST?.gw baru ngeh klo mereka kan cuma anak and ayah angkt setelah gw SMA..so knp ngga?
    thx ata reviewnya CANDY…hehehe ini menjadi NOSTALGIA..hahaha
    BTW ada review TOPENG KACA nga? ini komik dari tahu 1972 sampe sekarang lom tamat2!

  22. Whatever it is, the best story is still d original story that i am still looking for the cd or dvd. i have the comics alredy . . whoever that has the original . . please share with us . . .

  23. ptama2 gw blg
    THX GOD..
    LO PD TU GA GW AMP NANGIS BACA KOMIK INI,,,POKONYA STIAP KALI BACA NANGISSS…GW FANATIK CANDY2 NI!!! AMP2 GW KIRIM SURAT KE ELEX MEDIA TUK TERBITIN CANDY LAGI,,,MLH GW BNIAT UNTUK KRM SRT KE PENGARANGNYA TUK TERUSIN KOMIK INI…
    GW BELI DH AMP BENER2 TAMAT NI KOMIK KALO ADA LANJTANNYA
    gw sbnarnya mang lbh setuju ma tery,,gapapa jgse candy ma albert secara dy yg sll ada di sisi candy kalo lg sdih, bduka!!! tp co2k jd kakanya aja kali ya..scrakn hatinya candy lb ke teriiii…
    gw amp bdoa spy ada klanjutan n u know?? GOD mlh ngabulin doa gw dgn adnya sinetron candy…gw ikutin low crutanya amp tamat…
    tp ga sebagus komiknya!!!
    sumpah amp saat unu, detik ini pun gw brharap ada klanjutan komiknyaaaa…
    kalo samp ada ,, n God kabulin,,
    gwmau puasa 3 hari!!!
    hehehe scra gw ga pnh puasa nii…
    oya kalo ada informasi br ttg candy2..tlg hub gw ya!!! pliz bgt!!!!

  24. Hi Monika, salam kenal yah.
    Btw, anyway…km masih punya comic lengkap candy candy? Dijual ga? Klo ga, bs rekomen toko mana yg masih jual candy candy yah?
    Thanks banget sebelumnya yah.

    1. Masih, tapi ga dijual bouw… koleksi semata wayang ^^ Kayanya udah ga ada yang jual deh… Elkom juga udah ga kepikiran kali ya ngerilis seri lama. Padahal kayanya manga jaman dulu tu bagus-bagus punya…

  25. hi mon, salam kenal..
    ada yang punya koleksi dvd candy-dandy gak. mau dong dicopiin. vcd juga boleh kalo versi dvd gak ada.
    thanks sebelumnya.
    balas ke emailku juga ya..

    1. Oops sorry Liz, sejak punya baby udah ga sempet bantuin lagi nih… since it’s not for commercial, aku mesti nyari orang yang mau kerjain tanpa nge-charge biaya tambahan (selain DVD blank dan shipping) tapi ternyata susah banget nemu orang yang mau… sampe sekarang ga ketemu πŸ™ So offer untuk ini ditutup untuk sementara sampe nemu orang yang mau gantiin jadi relawan…

  26. yaah πŸ™ gpp kok.
    tapi kalo dah nemu tolong kabari lagi ya. sun sayang buat baby-nya. aku sabar menanti kabarnya..

  27. Monika, gue Yuni, fans candy candy dan lulu flower angel. btw dvd aku juga sampe episode 54 doang yg candy pergi ke amrik nyusul terry. subtitle english. lanjutan gak ada, coba cari di internet, gak ada yg english, pingin beli yang korea komplet 115 episode tapi gak tahu artinya. kebetulan mei aku ke shanghai, ada recommend dvd store yg jual candy candy ya gak? mungkin aku bisa cariin.

  28. gw adalah penggembar komik jadul termasuk candy- candy. candy – candy??
    gila bagus banget ceritanya mengharukan. membuat hati gw ter iris – iris. padahal gw punya komik candy – candy dari kecil tapi gw ga pernah bosan ngebaca komik itu terus.dari dia berada di asrama ibu vony dan temannya bernama rannie yang diambil dari asrama trus agak sombong ma candy.
    bertemu neil dan eliza yang jahat.
    gw sebel banget ma mereka berdua.
    gw sangat mendukung candy. kalau dia mencakar muka neil ha..ha..ha.
    iya trus bertemu dengan anthony yang mirip dengan pangerannya dulu yang ada kenangannya yaitu brosnya yang ketinggalan.
    mirip dengan gerbangnya anthony.
    oya ada archie yang agak playboy, dan stea yang culun tapi pintar dalam ilmuwan walaupun sering gagal hi…hi…hi.
    diantara taman mereka bertiga, gw emang suka dengan taman anthony yang penuh dengan bunga mawar.
    mawarnya itu mengingatkan gw dengan topeng toxedo.
    gw sangat sedih saat anthony mati jatuh dari kuda. why?. kenapa harus antony yang mati?. padahal gw setuju banget kalau candy jadian dengan anthony. dan kedatangan terry yang super galak dan jutek tapi cool. dan kagetnya lagi saat endingnya itu,pangeran yang mirip dengan antony adalah albert.yang menyelamatkan candy dari sungai itu adalah pamannya anthony. jadi selama ini cinta pertamanya candy itu adalah albert?. tidak terpikir sama sekali padahal usia mereka sangat jauh sekali. tapi ga pa-pa yang jelas albert ada kemiripan dengan antony. lemah lembut dan romantis. Di tambah dia punya kepemimpinan.
    candy beruntung.
    skarang candy ga perlu lagi tinggal di asrama -asrama karena pangeran tampan yang kaya itu, yang mencintai candy memiliki tempat yang baik untuk candy. yaitu istana kerjaan. dan candy akan dijadikan putri.
    aduh jadi iri aku.
    tapi coba ada lanjutan candy ke 2 ya.
    ya cerita dia udah menikah ma pangeran dan bertemu orang tua aslinya.
    ya mudah – mudahan orang tua nya juga kaya. kasihan candy, masa miskin terus. kasihlah dia kebahagiaan.
    sinetron indonesia candy. sama sekali ga ada bagusnya. kaku, ceritanya ngawur dan ngejiplak. lebih baik baca komiknya aja, bagus banget.

  29. Salam kenal buat semuanya….
    wuihhh gw juga ngefans banget2 sama candy candy…dulu gw nonton videonya nangis bombay….orang serumah sampe bingung kenapa neh anak…..
    sampe2 gw berihtiar kalo ntar gw punya anak bakalan gw kasih nama Anthony…secara dia tuh ganteng, cool, baik…
    just info buat yang pengen punya komiknya lagi…1 bulanan yg lalu gw beli lewat http://www.webgaul.com…untung gw dapet 1 set yang harganya gak begitu mahal. banyak yg tawarin juga lho. Dan gw dah baca 2 kali balikan tuh komik dan gw tetep sedih kalo baca lagi – padahal gw sekarang dah 30 lebih lho umurnya….misua gw sampe sebel lihat gw baca candy2 terus…wakakakak….
    gw juga pengen tuh vcd or dvdnya yang komplit, gw sempet beli di dalem kaum – bdg tp ya itu filmnya berhenti2 gitu sebel deh….
    kalo ada yg tau bisa beli dimana vcd/dvd candy2 sampe tamat dengan kondisi yang oke…info gw dong…v10_l3t4@yahoo.com
    thanks b4…

  30. hmm…aku pribadi lebih seneng ending yg versi manga biarpun agak nggantung, karena Albert nya ga gondrong (bener2 Anthony versi mature), adegan terakhir di manga bener2 menyentuh…cerita candy2 ini mirip cerita Daddy Long Leg sih, yg mnrtku pada akhirnya Candy seharusnya jadian sm Albert. Entah kenapa di anime si Albert dibuat berkesan dewasa banget, padahal kan umur mereka cuma terpaut 6 tahun, bisa donk jadian:)

  31. Bukannya seabreg ya di tempat jual DVD bajakan sana… ITC, Mangga Dua, Cempaka Putih, Kuningan… Atau karena udah lama ga ada lanjutannya, lantas ditarik dari peredaran? Info pls… *gue jarang ngubek-ngubek bajakan di ITC lagi sekarang, jadi kurang update*

  32. Kok ya sama sih…..waktu itu juga sedih bener pas Candy akhirnya pisah sama Terry…….ikutan nangis juga di adegan yang Terry meluk Candy dari belakang……(huaaaaa…….TT……inget lagi)…..sampe akhir juga masih teteup ngarep klo Candy bisa jadian sama Terry……yaaa….paling gak setelah Suzanna meninggal…..(bikin cerita sendiri nieeh…….hehhehee)…….aduuuh…jadi kangen ama tuh komik…..

  33. buset………g nyangka bngt……
    aku br ada sampe cd 9 tp yg aku bingungin,dmn-mana g ada tuh yg jual cd lanjutanny…..ada jg cm sampe yg dy numpang ke ship bt balik ke pony home…….
    setuju0setuju adja seh si candy jadian ama albert……..tp ane adja getu……(coz dr dulu mkrny candy bkl jadian ama anthony)napa mesti anthony yg menningal?????????trus emng si terry it bnr jadian ama susanne coz di website-website km yg laen g ada infony tuh………..emng bnr y anthony tuh sodara ama anthony y?????sekian pernyataan n comment dr gw!!!!!!!!!!!!!!!

  34. Dear,mb Monica. Seneng bgt bisa nemu blognya mb Monica. Dari dulu penasaran bgt ma endingnya Candy-Candy. Mmg manga Candy-Candy g tergantikan. G da yg bisa ngalahin dah. Tp q g spendapat, q lebih suka Candy ma Albert, coz Albert yg lbh bnyk berkorban bt Candy. Jadi mereka pantas bersatu, he…he…., Salam kenal ya,mbak.

    1. Salam kenal juga Mbak…(? namanya siapa ya Mbak?) Iya, the manga is the best!!! Go Anthony go! (teteuppp…) hahaha… Albert is OK, tapi tetep menyesalkan kenapa Anhony harus digesuh di buku kedua… (hanya di 2 buku!!!)

  35. aku dulu punya kesembilan komiknya. dr smu aku koleksiin…
    abis merid, suamiku tersayang bersih2 rmh… komik yg katanya ga penting itu dikasi tukang loak.. sampe skrg klo aku ingat itu rasanya mau cerai aja…
    aku sebel setengah mati sm suzana si perebut pacar org!!!
    seandainya ada orgnya beneran pengen ta’ jambakin rambutnya…

    1. Waduh Mbak Dini… wkwkwkwkwk…. tapi iya sih, nyari ke-9 komik itu skrg nyaris ga memungkinkan… kenapa ya Elkom ga cetak ulang? Soalnya Topeng Kaca, komik yang jadul itu, skrg dicetak ulang lho….

  36. saking cintanya ma candy2… ku bela2in download filmnya…tapi baru dapet 15 ep… sedih bgt..uda berkali2 baca..bgt nonto kartunya tetep aja nangis lagi..nangis lagi….yahut lah pokokna tuh komik

  37. btw, karena tekanan dr pembaca dan penggemar… pengarang komik candy2 bikin lanjutan komik no.9.. tapi bentuknya Novel bukan komik. Judulnya Candy “The Final Story” tapi ga di release di bahasa apapun other than Japanese. A little bit of spoiler Terry ga jadi married Susana Marlowe (cuman engaged aja), and Susana Marlow meninggal krn sakit. Terus Archie kawin sama Annie. In the end masih ga jelas Candy end up sama siapa. Karena open ended…

  38. aduh mbak … saya juga penggila candy-candy. kalo dibaca ulang-ulang, biar menangis pun gpp. :’)
    ohh ya , mbak tau g dimana cara cari komikny candy-candy? punyaku uda banyak yang hilang dan dimakan usia . tolong bantuannya ya mbak πŸ™‚
    makasi .

  39. huwaaaaaaaaaaaaaaaa….. candy-candyyyyyyyyyyyyyyyy
    cinta mati deh ma terry
    pokok nya harus jadian tuh berdua….. susana harus mundur, kalo ga dea yang tarik deh biar mundur,… huffthhhhh cew kaya gitu nyebelinnnnnn… sok lemah buat caper >,<
    pokok na candy itu ya harus ma terry…. ga bole ma yang laen…..hehehheheheh maksa neh ma [pengarang na
    hmmm ada yang tau pengarang na tinggal dimana ga?? dea samperin deh biar bikin lanjutannya wkwkkwkwkkwkw
    trus knp ELEX ga terbitin lagi??? rilis ulang, pasti banyak yg beli
    gag kaya komik skrg pada ga jelas cerita nya…. apalagi candy2 ko dah tercerai berai gara2 jaman SD sok bikin perpus kecil ma temen2…. huhuhuhuhuhuhu

  40. ehhh gw cowo hahah jngn blng gw bencong apa gay. haha gw emng suka kartun dan candy candy ini ceritanya keren. ga kaya kartun biasanya. gw ampe nagis waktu si candy di hasut sama si niel dan eliza sampe dia d buang k mexsiko. gila d situ gw mikir baget. kalo gw punya anak. dan anak gw d terlantarkan. gila kan. gw dah liat endingya. seru si. memang d sini terry sudah berbuat bodoh. karena yg gw tangkep dia jatuh cinta sama si candi sedangkan sama si susana hanya kasian alias balas budi krna dia relain badannya ketimpuk demi terry. hahaha gila ya gw???? temenan nyokkk du fb.

  41. Duh, Candy, ga nyangka masih ada yang ngomongin Candy Candy. gw suka banget ama ni film kartun. udah berapa taon ya? gw masih SD waktu nongkrongin ni film kartun di tv. kangen banget, coba ada stasiun tv yang mau nayangin lagi. ada ga ya? he..he..he.. :p kalo ada yang cari versi vcd-nya gw masih suka liat di Ratu Plasa, masih ada yang jual. komik-komik nya juga masih suka nongol di acara book fair di Senayan cuma musti ngobrak abrik dulu di bagian komik-komik jadul.

  42. hahaha…ternyata ga cuma saya yang baca candy2 sampe puluhan mungkin ratusan kali. semuanya sambil nangis2. sempet ilang bbrp taun bukunya. trus kmrn beli lg bekasannya. dibaca lagi dan nagis bombay semaleman sampe anakku bingung…hihihih…buntut dr ga puas baca endingnya, saya bikin candy2 ke 10, with my own ending of course…hihihi…
    Candy itu hati dan jiwanya buat Terry, her grand love….sapa yg punya soft copy novelnya, bagi ddddoooooong…

  43. Candy candy adl cerita komik terbaik menurut gw, krn saYang bgt ga bisa jadian ama Terry cm krn Suzzana. Disinilah menariknya cerita komik ini, krn bertentangan dengan keinginan readersnya, Candy with Terry. Baik Terry ataupun Candy, sama sama terluka, harus mengorbankan perasaan mereka krn orang lain. Pernah ga sih Suzzana mikir, bgmn perasaan Candy? Bgmn perasaan Terry? Di cerita ini, justru Suzzana yg jadi pemenangnya, dan ini yg bikin pembaca ga rela (sapa yg rela boleh angkat kaki ..:D) Kl saja ada yg nerusin komik ini, semoga endingnya lebih baik, krn baik Candy maupun Terry, jg berhak Bahagia..

  44. Aduuuh…yuk kita lakukan apa kek gitu supaya Candy Candy Final Story bisa diterjemahin ke bahasa Indonesia…..kalo bukunya sih bisa dibeli lewat amazon jepang, tapi ampun deeeh….gak ngerti caranya :p
    Kalo aku sih udah 100% yakin Anohito adalah Terry….
    BTW Aku seneng bisa ketemu sm fans Terry yang lain dari Indonesia… ^o^

  45. Yaaa ampuuuuun…. hari giniii msh ada yg ngomongin candy-candy!!!! asliii mbak, sy itu tergila2 habisss ama serial ini. sampe skrg py anak 2 pun msh nge fans habiss. malah bela2in cari vcdnya yg emg susaah didapatkan. kl sy sih pgnnya candy jadian ama anthony…. (emg anthony dan albert itu kembar yaa??)
    pokoknya sy tetaapp sukaa ama candy2 sampe kpnpunn,,,, hihihiii

  46. candy jadian dg albert itu kira2 memang sudah direncanakan penulis dr awal. kan jati diri albert diungkapkan diakhir cerita oleh penulisnya. lagi pula ini adalah tentang cinta pertama candy kepada pangerannya yg sengaja tdk diungkapkan kecuali pas diakhir cerita.

  47. Film Candy-candy adl film kartun yang bagus menurut g. G jg ga setuju tuh si Terry putus sama Candy hny krn Susana. Menurut g sih dia bisa bertanggung jawab dalam segi materi dan perhatian sebatas temen aja, ga lebih. Dan dia bisa melanjutkan hubungannya sama Candy jadi kan happy ending. Selain itu juga Candy memang sosok wanita yang baik hati banget, terbukti ketika dia dipertengahan pertunjukkan Terry di Theater, dia malah pergi ke RS tempat Susana dirawat dan menemukan Susana yang hendak bunuh diri itu dan menariknya. Aduh itu pahlawan banget deh, yang lebih menyentuh lagi adalah dia sampe relain Terry untuk Susana. Hiks… Cerita akhirnya harusnya Terry cari Candy di Poni House dan menyatakan perasaannya sama dia selama ini klo dia ga cinta sama Susana, cinta ga bisa dipaksakan dan pengen balik lagi sama Candy dan Candypun memahami perasaannya Terry dan menerima Terry kembali dan menikah deh. Itu baru happy ending. Klo Albert itu ya memang Albert, dia bisa menemukan wanita lain untuk menikah dengannya. Dan semuanyabisa berakhir dengan bahagia. So sweet…

  48. Suka bgt sm kartun ini, adegan yg paling sedih waktu terry peluk candy dari belakang sewaktu lari ditangga…sampai aq nangis bombay hiksss

  49. hiks hiks hiksss……………………………………. ampe skrg dah berumur hampir 30 taun msh teringet komik sm serial kartunnya, sukaaaaaaaaaaaa bngt dech pokok’e smpe gk ingt umur, brasa msh kek anak kcil aja, mau duuuuuuuuuuuunnkkkkkk soft copy nya jg, bagi2 πŸ™
    cuba serial kartunnya diputar ulang pun msh bakal mentelengin deh. pas bc endingnya lmyn syock sich, tryt emg di setting sm penulisnya klo candy bakal ktmu lg sm albert pangeran masa kecilnya, jd terry dan kisah kasihnya diperjalanan hidupny candy itu tryt mmg hny bagian dr liku2 hdup candy, bnr2 emg udh di setting buat bikin gemes2 greget komikny nie, jd gemeeeesssss greget bnrn πŸ™‚

  50. candy” emang best of the best deh,, d bca puluhan x jg ga bosen,, n aneh’y stiap x baca psti feel’y dpet trus,,,, thumbs up for candy”,,,

  51. di usiaku yang 40 tahun kenangan akan Candy Candy begitu melekat. mau dong klu ada dvd or komik nya,,,,aku yakin masih ada airmata untuk Candy tatkala membacanya kembali. I love you Candy,,,,,,

  52. btw, karena tekanan dr pembaca dan penggemar… pengarang komik candy2 bikin lanjutan komik no.9.. tapi bentuknya Novel bukan komik. Judulnya Candy β€œThe Final Story” tapi ga di release di bahasa apapun other than Japanese. A little bit of spoiler Terry ga jadi married Susana Marlowe (cuman engaged aja), and Susana Marlow meninggal krn sakit. Terus Archie kawin sama Annie. In the end masih ga jelas Candy end up sama siapa. Karena open ended…
    please mbaaa gmana cara bisa bacanya,,,,karena susanna meninggal karena sakit ya doa ku sih end up with candy laaaahhh,,,,kalo Albert cukup jadi guardian angel nya aja ga usah jadi pacarrr

  53. Candy n Albert. D ccfs jg Candy n Albert. Banyak artikel yg ngebahas ttg ending ccfs, dan candy akhirnya bahagia dg org yg ia cintai. Mereka tinggal d Scotland, dekat sungai Avonlea bagian yg paling menawan pemandangannya diantara ketiga aliran sungai tersebut. Salah satunya yg menjadi kunci sejarah cinta candy n terry ada pada bagian aliran sungai tempat kelahiran shakespeare. Tapi candy tdk tinggal d bagian tsbt. Dia memilih bagian yg pasti dicintai oleh pecinta alam, Albert. Selain itu, Slim, si pembuat gambar suasana bukit pony d musim semi, hanyalah Albert yg mengetahuinya, sedangkan Terry pernah ke bukit pony hanya d musim salju. Clue lainnya adalah ‘lengan yg hangat’, dlm cerita tersebut adalah simbol yg d tujukan kpd Albert. Jadi, gw setuju bgt dg keputusan akhir si pengarang. Sejak awal cerita, sang pengarang ingin para pembacanya bermain teka teki. Kisah ketiga cintanya Candy jg secara tdk langsung adalah pelajaran cinta baik dr segi usia, jenis cinta itu sendiri dan karakter kekasih yg menjadi pilihan. Ya, cinta bersama Anthony adalah cinta yg suci, cinta bersama terry adalah krn gelora cinta remaja, cinta bersama Albert adalah cinta dewasa yg dibarengi dg rasa menghargai. Siapa sih yg gk mo dihargai oleh kekasihnya??? So, I choose Albert for Candy πŸ˜‰ Mereka sama2 pecinta alam n binatang, perawat n dokter, berhati emas, saling terikat walau tanpa d sadari. Candy selalu mencari Albert dlm kondisi galau, krn dia yg slalu membuatnya nyaman. Candy selalu mencari jejak Albert. Hmm, knp dia jd perawat? Salah satu yg membuatnya demikian krn Albert jg. Albert dlm suratnya bercerita saat d Afrika ia menjadi dokter, kemudian ada perawat yg mirip dg Candy.
    Klo jadi ma Terry, gk kebayang deh gmn kehidupan berkeluarganya nnti. Soalnya Terry itu kasar, pemabuk, terlalu ekspresif, kurang bersahabat. Mesti banyak cek coknya n gk tenang.. Ohohoho, Terry kmu bukan wat Candy.. Dia berhak bahagia dg yg lebih baik..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

'Ngerjain' Webnya Orang :D

Fri Jul 6 , 2007
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Saya termasuk orang yang doyan ‘ngerjain’ website orang πŸ˜€ Kalau melihat servis […]