Clothes online shopping without being able to return is definitely frustrating.

Pandemic makes us stay at home. Dan belanja baju pun mau ga mau harus dilakuin online. Iri banget liat situs diluar negeri yang reviewnya bisa bilang gini:

Sementara kalau di kita, warning dari sellernya gini:

Loveandflair.com

Okelah soal warna. Soal sizing, ternyata sami mawon sekarang di Mapemall.com. Yang sering belanja online pasti tau banget size yang sama bisa aja ‘jatoh’ di kitanya beda. Bahkan dari brand yang sama, cutting baju beda, sizingnya bisa ikut beda. Not to mention human error ketika admin input pengukuran ke website de el el.

Pengalaman saya belanja online di Mapemall.com sebelum ini overall positif sih. Memang awal-awal mereka terjun ke dunia online (lupa kapan, mungkin 2018 atau 2019 gitu) agak messy, order barang A, possibility order dibatalkan sepihak itu 75% karena ternyata barangnya out of stock (tapi muncul di website mereka dan stoknya pun banyak). Mungkin sistemnya belum ready. Okelah, toh uangnya dikembalikan. Kesini-sini udah jauh lebih baik karena hal tersebut udah jarang terjadi. Kalaupun kejadian, kita dikasi voucher Rp 100 rb dengan syarat belanja lagi minimum Rp 600 rb.

Sekarang FAQ returnnya jadi gini:

So, selama yang sampai di kita size dan itemnya udah sesuai pesanan, definitely NO EXCHANGE (kalo refund ga bisa, okelah ya, tapi exchange pun ternyata sekarang ga boleh padahal barangnya ga sale alias harga normal) Kalau sale, ya udah risiko lah ya ga bisa exchange.

Ya udahlah hak-hak seller ya. Mau gimana lagi. Mungkin customer Indonesia doyan abuse aturan return dan exchange kali ya, makanya seller pun lelah. I definitely recommend Zalora.id yang policy returnnya smooth banget. Returnnya free, tinggal didrop di salah satu cabang Alfamart, terus dibalikin uangnya pun cepet tanpa ba-bi-bu.

Masalahnya seringkali item yang dicari ga ada sizenya disana, size disana untuk tipikal body mungil-mungil, kaya size S gitu-gitu (padahal saya M-L normal loh)

Semoga online shopping di Indonesia semakin berkembang dan berinovasi memberikan solusi untuk menjawab kebutuhan customer yang gini-gini. Karena ini salah satu kendala ya, dan makin berasa secara online shopping (bahkan untuk urusan baju) sekarang justru lagi jadi opsi yang ga bisa ditawar.

Disclaimer: BTW setelah nulis post ini, iseng saya google kalau-kalau ada yang ngalamin hal serupa, dengan keyword “Belanja mapemall.com”, ternyata banyak ya posting-posting dengan judul serupa: “Belanja Online Barang Original di Mapemall.com” πŸ˜€ Well, mungkin ini bisa jadi another consideration to balance those posts since this is a honest review from a loyal customer yang ngalamin sendiri πŸ™‚

One thought on “Belanja Online di Mapemall.com

  1. Memang ribet sih belanja online kalo buat cewe, kalo buat cowo, cuma beli tshirt atau kemeja, ya bentuknya gitu deh, ukurannya rata2 juga sama.. paling tinggal perhatiin itu slim fit, atau comfort fit, atau apa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Social media post and the brag behind it :)

Mon Jan 11 , 2021
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email An interesting post. Why Bragging About Your Online Success Isn’t Helping Me. […]