Saya termasuk orang yang doyan ‘ngerjain’ website orang 😀
Kalau melihat servis atau produk yang ditawarkan orang di milis dan kebetulan servis atau produk itu mencantumkan alamat website, seringkali saya tergoda mengklik URLnya… dan kalau memang saya interest dengan produknya, saya sering tergoda untuk mencoba link yang saya rasa paling penting dari sebuah website: CONTACT US 🙂 Kadang agak ajaib, karena ada beberapa website yang form contactnya error… atau hanya mencantumkan alamat dan nomor telepon, tanpa form contact atau email address sama sekali (meski yang terakhir ini ga lagi direkomendasiin berhubung makin banyak spammers berkeliaran menghunting email address yang dilisting bebas di website –> while contact form is a better option now). Padahal kalo buat saya pribadi, website = online. Kalo ujung-ujungnya saya mesti angkat telepon lagi, apa gunanya? Itu buat saya lho 🙂
Saya ga ragu acung jempol untuk orang-orang, para web owner yang udah aware pentingnya membalas email dalam hitungan jam… ga usah ngomongin tampilan visual webnya dulu deh, karena sekarang banyak penyedia jasa web gratisan… – even a multiply account or a friendster account can give you a place to sell your products -  Citra perusahaan *lagi-lagi menurut saya…* ga cuma ditampilin lewat simpel atau minimalisnya desain sebuah website, tapi juga komitmen sang empunya website untuk merespon balik setiap pesan yang “mampir” di websitenya. Seberapa cepat si empunya website bisa menjawab pertanyaan calon customer, seberapa akurat info yang disediakannya (menjawab pertanyaan customer 100% atau sekedar basa-basi bilang, “Silakan datang ke toko untuk melihat produk kami”?), seberapa lengkap ‘bahan jualan’ yang bisa dia gunakan buat ngeyakinin saya untuk membeli produknya.
Seringkali saya ingin tahu dulu hasil kerja seseorang yang menawarkan jasa pembuatan gaun *misalnya*… sayangnya lagi-lagi saya dilempar ke dunia offline, yang mengharuskan saya menelpon orang ybs itu dulu (terus terang saya sekarang dah terlalu terbiasa segala-gala pake email, jadinya kalo ga perlu-perlu banget nelepon, saya prefer pake email… apalagi di email saya bisa sekalian minta foto produk, ngirim guide product yang saya mau dll)… alhasil, saya berpindah ke orang lain yang lebih menawarkan kepraktisan.
Percaya ga? Saya baru aja mesen sepasang sepatu pesta dari sebuah website 🙂 Memang sih, saya masih harus datang ke toko ybs untuk ngukur kaki… *berhubung kaki saya termasuk raksasa untuk ukuran cewe* tapi saya sangat terbantu dengan contoh foto sepatu yang pernah mereka buat, yang terupload rapi di websitenya, reply-reply mereka yang cepat terhadap email saya, dan tidak adanya keharusan untuk saya “menginterogasi” ybs dulu lewat telepon, seperti pengalaman yang sebelumnya saya kisahkan.
Mungkin saya aja kali ya yang pemalesan :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Milis Kebanyakan OOT... Apa Gunanya?

Tue Jul 10 , 2007
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Baru aja “mengeluarkan diri” dari sebuah milis soal masakan… blablabla-Masakan@yahoogroups.com, setelah beberapa […]