Saya suka banget tulisan Samuel Mulia yang rutin dimuat di Kompas. Unik, ga basi, ga ditulis untuk menyenangkan pihak tertentu. Di tulisannya ga ada usaha untuk terdengar sebagai sosok metropolitan yang sukses. Malah di salah satu tulisannya yang berjudul ‘Anjing’, Samuel menyamakan dirinya dengan makhluk berkaki empat itu. Nah loh. Padahal sosialista mana yang ga tau Samuel Mulia.
Saya juga suka nonton The Apprentice-nya Donald Trump. Lain ama nonton Apprentice-nya Indonesia. Ketika peserta Apprentice Indonesia gagal, mereka bilang, “Saya ngga kecewa, saya seneng-seneng aja,” So sweet. Sementara bule-bule itu ga ragu nunjukkin bete bahkan marahnya setelah dipecat (even bisa bikin kita geli sendiri lantaran orangnya asli GTD — ga tau diri bangedh ^^)
Mungkin itu yang bikin menarik. Keberanian untuk jadi apa adanya, meskipun belum tentu terlihat ‘indah’ atau ‘pas’ di mata orang lain. Agak sulit sih, mengingat kita dibesarkan dengan doktrin untuk bersikap menurut norma yang dianggep pantes di masyarakat. Being different is not an option.
Saya sendiri ngalamin. Tinggi saya 176 cm. Jelas ga umum untuk seorang perempuan Indonesia. Dibilang gantar ama banyak orang. Ato tiang listrik. Di acara perpisahan kelas 6 SD, saya diketawain seisi ruangan karena kebetulan berdiri berjejer dengan dua cowo temen sekelas yang ukuran tubuhnya jauhhh di bawah saya.
Dan sedari kecil orang dewasa yang ketemu saya spontan berkomentar, “Wah, tinggi banget ya. Susah nih dapet cowonya,” atau, “Mesti cari bule dong,” Dipikir-pikir sekarang… siapa ya mereka, bisa-bisanya ngatur garis nasib gue. What a memory 🙂
Jadi inget ama temen kuliah saya Ophal — yang sekarang lagi ngambil kuliah seni di Belanda. Selalu teringat dia setiap saya bicara soal seorang yang unik dan beda dari biasa. Temen tuker pikiran yang blak-blakan dan suka ngasi pandangan yang ga umum. Dari dia saya belajar soal jujur pada diri sendiri dan dengerin kata hati.
Kemarin ini saya juga baca postingan ex senior saya di Arsitektur Unpar dulu, Meutia Chaerani. Soal FTM, Full-Time Mother. Pemikirannya menarik banget, ga sekedar berkeluh-kesah soal kondisi yang ada, tapi berani bermimpi dan berkhayal. Meski memang terasa ga mungkin… tapi dari sebuah impian, sesuatu yang lebih baik tentunya bisa terjadi.
Kalau kita ga pernah berani berpikir berbeda dari biasa, ujung-ujungnya dunia kita ya gitu-gitu aja. Istilah kerennya, out of the box. Argh. Jadi inget kuliah arsitek jaman dulu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Blak-blakan!!!

Thu Dec 6 , 2007
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Jam 3 pagi. Ngebaca tulisan Mbak Irma soal ASI eksklusif dan breastfeeding […]