Tell me about it. *rolling eyes* Tired, frustrated, tired, frustrated. That’s it. Anyone saying this Covid doesn’t do anything with their kids gadget habit is delusional. Sorry to say, fellow parents.

Anak saya, 8 dan 13 tahun, 3 SD dan 2 SMP. Yang umur 8 masih bisa “agak” terkontrol, karena belum saya kasi handphone. That’s THE BEST EVER decision I’ve ever made. My biggest parenting achievement ever. Hooray. I’ll be confidently say this:

Handphone BUKAN untuk anak di bawah 10 tahun. Kalau anak perlu sosialisasi, oke, lend your phone. Ga dengan kasi mereka handphone sendiri, Whatsapp sendiri, nomer sendiri. NO WAY. It will lead them into something uncontrollable, when their age is not ready yet. Cuma Whatsapp doang kok. Well, awal-awal. Abis itu lanjut ke socmed, Instagram, Tiktok, yang kita sendiri belum tentu catch up dan update untuk ikutan terjun aktif disitu.

A mom of 8 and 13 years old

Meski kalau emaknya lagi banyak deadline ya kelar, dia juga akan ikutan “banyak deadline” di depan laptopnya di sela breaktime home learning yang harusnya dia pake untuk istirahat mata, no-screen-time, main lego, menggambar (dengan pinsil DI KERTAS please) dan lain sebagainya. Trust me, 8 yo is smart enough to know that the best time to ask anything (and got YES as an answer) is when her mom is having a zoom meeting and she’s not welcome to show up on the screen.

Yang umur 13? Aha, glad you ask. Sedari pagi udah pasti akan pegang gadget, karena harus home learning dan harus komunikasi dengan teman-temannya, yang entah kenapa katanya ga bisa di Google Hangout di laptop. Bisanya di Whatsapp. Well, kalau ga diijinin, ya tugas kelompok ga akan kelar loh Ma. Fine, go ahead. How about Youtube time di sela-sela break time home learning? Yea, school from home stressed me out, Mom, you know how many homework each teacher gave us? They didn’t even know we’ve flooded by projects from another teacher!

Setelah home learning selesai kisaran jam 3 sore (yea, sekolah nasional) it’s another cooling down time in Instagram. Parallel with Whatsapp chat in groups. Loh dari pagi bukannya udah? Ya tadi kan ngomongin tugas, sekarang masa tugas lagi? Malem lanjut main Among Us online, part of social life, man. Kerjain tugasnya ya di sela-sela itu, bisa sampe jam 10 atau 11 malem.

Good bye the old gadget rules – jam 7 (well, 8) malem taro handphone dan family-time. Parents juga masih overload dengan kerjaan yang belum kelakon dari siang karena seharian zoom meeting kanan-kiri. Kata siapa kerja dari rumah selalu lebih efektif?

Am I alone in this?

One thought on “#DiRumahAja, Home Learning dan Aturan Gadget Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pada akhirnya semua orang hanya memikirkan dirinya sendiri

Wed Oct 14 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Sounds negative, I know. But truth is often hard. Kepedulian akan orang […]