Beberapa kali saya ngobrol dengan teman ataupun keluarga, sadar atau tidak sadar saya maupun mereka mengeluarkan judgement pada orang tertentu di sekeliling.
“Ah, dia sih ga bisa dipercaya… mending cari orang laen aja deh!”
“Janji ama dia jam 3? Lo dateng jam 4 aja deh… daripada bengong sejam nungguin dia. Biasanya dia telat at least sejam,”
“Hari gini, lo mau ngandelin dia doang? Pake backup plan deh… Biasanya last minute dia sering ganti plan… kalo moodnya jelek, bisa aja dia mendadak ngilang tanpa jejak. Yang repot ya kita-kita juga,”
Ga bisa dipercaya, ga bisa diandelin. Kalo kita bisa memberi penilaian seperti itu pada orang lain, sebetulnya apa sih yang jadi kriteria orang yang bisa dipercaya dan bisa diandalkan?
Mencoba berkaca dari sekitar, salah satu orang yang saya rasa paling bisa diandalkan ya suami saya. Kalau sudah janji melakukan A, biasanya dia akan lakukan. Jadi saya ga perlu repot-repot mengingatkan dia lewat SMS atau telepon, karena biasanya dia udah keburu inget sendiri. Saya ga usah kuatir mendengar alasan, “Aduh, lupa….” apalagi ditambah embel-embel khas anak kecil, “Kamu sih ngga ngingetin aku,” Ngga tuh. Bisa dibilang sangat jarang terdengar kalimat seperti itu. Tentunya selalu ada anomali, apalagi belakangan ini, ketika kerjaannya makin membludak dan yang namanya waktu semakin tipis. Tapi overall, dia masih jadi contoh yang sangat baik (at least menurut saya).
Yang jadi patokan saya: saya merasa aman kalo mempercayakan sesuatu padanya. Saya ga kuatir.
Orang kedua, mungkin adik saya. Khusus untuk dia, I know she’s trying hard. Kalau dimintai bantuan dan sudah bilang ya, dia akan tepati itu, meski kadang orang yang meminta bantuannya take it for granted (seperti saya ini ^^), tidak tahu sesibuk apa dirinya, yang saya tahu hanya follow up – follow up, yang penting urusan saya beres 😀
Orang ketiga, bisa jadi sahabat baik saya Laura alias Telor 🙂 Di masa lalu, terus terang, dia salah satu orang yang paling banyak berantem ama saya soal janji-janjian, karena saking bejibunnya kegiatan sosialnya, janji dengan saya biasanya jadi prioritas kesekian, yang seringkali terlupa dan tertimpa dengan jadwal kegiatan lainnya – yang mana biasanya mau ga mau saya yang harus mengalah, karena kegiatan lainnya itu *at least* melibatkan lebih banyak orang dan lebih banyak kepentingan. Sampe-sampe saya pernah give up dan bilang, “Udah deh, kalo gini caranya mending kita ga usah janjian kalo mau ketemuan. Liat aja kapan ada waktu,” Toh waktu, kalo ga diada-adain ya ga akan ada.
But, she has changed a lot now. Dan dia memang pernah bilang, dia sedang berusaha berubah. (Ini pelajaran yang saya dapat dari dia: kalo kita bertekad mau berubah, kita harus berani bilang ama orang laen… memang risikonya kita akan mendapat tuntutan, apalagi kalo kita ga menepati apa yang kita katakan itu. Tapi? Anggep aja itu motivasi… Jarang ada orang yang memperhatikan perubahan positif yang sedang berusaha dilakukan orang lainnya. Alhasil, kita setengah mati mencoba berubah, orang lain ga notice, dan akhirnya kita terpuruk lagi ke kebiasaan buruk kita yang lama karena ga merasa dihargai ^^)
Balik ke diri saya sendiri… saya sedang mencoba mengingat semua janji yang saya buat dan menepatinya. Meski kadang harus berlawanan dengan apa yang hati saya mau. Menurut saya, kita ga bisa selalu menuruti kata hati kita… she might be right, but sometimes we just cannot do everything we want. Kecuali kita tinggal di hutan rimba… dimana orang lain ga akan terpengaruh ama apapun keputusan dan tingkah yang kita buat 😀 Soal waktu, terus terang itu tantangan tersendiri buat saya, karena saya termasuk orang yang ga betah menunggu… kadang saya stress sendiri kalo saya ontime, orang lain ngga. Dan akhirnya tergoda untuk sama-sama ga ontime, biar ‘sama-sama enak’ :)) What an excuse.
Yah… belajar. Belajar ontime, belajar menepati janji, belajar bilang iya dan melakukan yang di-iya-kan, belajar berani bilang ngga dan tidak terpengaruh apa komentar orang lain yang menuntut kita bilang iya… Semuanya belajar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

FAQ Komik Jepang Topeng Kaca

Wed Apr 18 , 2007
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Lantaran iseng bikin fans site Topeng Kaca di http://topengkaca.monikatanu.com, banyak yang menganggap […]